HITAM PUTIH, SOSIAL MEDIA – Apa arti lingkaran biru di profil FB? Hal ini menandakan bahwa akun tersebut adalah akun asli. Facebook sendiri menggunakan centang biru untuk menunjukkan bahwa suatu akun telah terverifikasi sebagai selebriti atau nama merek. Terdapat juga centang abu-abu untuk laman akun asli, namun bukan merek, selebriti, atau kepetingan umum lainnya.
Tanda centang biru yang terdapat di profil akun media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram, menandakan bahwa pemilik akun merupakan pemilik profil yang sudah terverifikasi. Biasanya, centang biru didapatkan di profil terpilih seperti tokoh masyarakat, selebritas, dan sebuah merek atau brand.
Untuk mendapat centang biru setiap media sosial memiliki kriteria berbeda. Berikut cara praktis bagaimana pengguna bisa mendapatkan centang biru meskipun tidak ada jaminan meraihnya dengan mudah.
Cara mendapatkannya di Instagram. Langkah pertama pengguna harus memiliki akun bisnis yang membuktikan bahwa mereka adalah figur terkenal, selebritas, atau merek terkenal. Profil juga harus bersifat publik dan biografi harus diisi lengkap seperti foto profil, dan setidaknya memiliki satu postingan.
“Kami melihat sejumlah faktor ketika mengevaluasi akun Instagram. Untuk menentukan apakah mereka dalam kepentingan publik dan memenuhi kriteria verifikasi kami,” demikian keterangan resmi Instagram.
Kemudian buka profil, lalu sentuh tiga garis horizontal di kanan atas. Pilih pengaturan, akun dan verifikasi. Lalu, isi nama lengkap pengguna, pilih kategori yang cocok seperti berita, olahraga, pemerintahan, musik, hiburan, influencer dan bisnis.
“Lampirkan foto identitas seperti SIM, paspor, KTP atau dokumen bisnis resmi lainnya. Setelah sudah lengkap mengisi, klik kirim. Jika permintaan ditolak, maka Anda bisa mengulangnya setelah 30 hari,” ungkap Instagram.
Selanjutnya Twitter. Sebuah akun akan mendapat verifikasi apabila platform menganggapnya sebagai kepentingan umum. Mereka mengatakan akun-akun yang dapat terverifikasi seperti pemain musik, artis, seni, pemerintahan, politik, media, dan bisnis.
Namun sayangnya, saat ini proses permintaan verifikasi sedang tidak dapat dilakukan karena platform belum bisa menerima permintaan baru. Belum jelas kapan proses tersebut bisa berjalan kembali.
Terakhir, raksasa media sosial yang didirikan Mark Zuckerberg, Facebook. Kini mereka memiliki centang biru yang bisa disematkan di halaman atau profil yang dianggap sebagai kepentingan publik.
“Kami menyematkan lencana verifikasi biru untuk merek, organisasi media, dan tokoh publik yang memenuhi syarat. Kelayakan verifikasi biru didasarkan pada berbagai faktor seperti kelengkapan akun, kepatuhan kebijakan, dan kepentingan publik,” jelas Facebook.
Faktor dan Ketentuan Awal
Ada beberapa faktor dan ketentuan yang dipertimbangkan oleh Facebook untuk memberikan centang biru pada sebuah akun. Mereka akan mengevaluasi apakah halaman atau profil tersebut memenuhi kriteria mereka.
Ketentuan awalnya tentu saja setiap akun tersebut memenuhi layanan dan standar komunitas Facebook. Facebook juga berharap agar profil tersebut mengaktifkan autentikasi dua faktor terlebih dahulu. Sedangkan tambahannya adalah sebagai berikut:
- Autentik: Mewakili orang, bisnis, atau entitas terdaftar yang asli.
- Unik: Menjadi satu-satunya yang bisa mewakili orang atau bisnis ini. Hanya satu Halaman atau profil per orang atau bisnis yang bisa diverifikasi, dengan pengecualian untuk Halaman dan profil dengan bahasa tertentu. Facebook tidak memverifikasi Halaman dan profil minat yang umum (misalnya: Meme Anak Anjing).
- Lengkap: Berisi bagian tentang, Halaman, atau foto profil dan aktivitas terbaru, termasuk setidaknya satu postingan.
- Penting: Mewakili orang, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari. Facebook meninjau Halaman dan profil yang ditampilkan di berbagai sumber berita dan mereka tidak mempertimbangkan konten berbayar atau promosi sebagai sumber untuk ditinjau.
Mengisi Formulir
Sebelumnya siapkan beberapa dokumen berikut ini. Jika Halaman atau profil kamu mewakili seseorang, kamu memerlukan salinan yang di-scan dari identitas berfoto resmi terbitan pemerintah seperti:
- Paspor
- SIM
- KTP
Jika Halaman atau profil kamu mewakili organisasi, kamu perlu salinan salah satu hal berikut:
- Tagihan telepon atau utilitas
- Akta pendirian
- AD/ART
- Dokumen pembebasan pajak
Jika salah satu dari dokumen tersebut sudah disiapkan, silakan buka kembali formulir kontak tadi. Pilih jenis verifikasi yang kamu butuhkan, halaman ataukah profil. Lalu pilih kategorinya. Untuk pemilihan negara, silakan pilih di negara mana kamu terkenal.
Silakan unggah dokumen yang sudah dipersiapkan tadi. Lalu ceritakan mengapa halaman yang kamu miliki harus terverifikasi. Kamu juga bisa menuliskan tautan media sosial lainnya. Klik “kirim”.
Proses ini membutuhkan waktu. Lama atau cepatnya tergantung Facebook dalam melakukan verifikasi. Yang jelas, jika akunmu ramai dan bermanfaat buat publik, serta dokumennya terbaca dengan baik, biasanya Facebook bakal memberikan centang biru tadi.
Cuma Facebook memang tidak mengobral centang biru ini untuk semua orang. Bahkan kalau kamu punya uang, Facebook juga tidak menjualnya.
Untuk meminta verifikasi halaman atau profil, pengguna harus memiliki foto sampul, foto profil, nama yang sesuai dengan pedoman Facebook, konten dan tombol ikuti yang diaktifkan. Setelah yakin mengikuti syarat di atas, kalian bisa mengisi formulir di Verifikasikan Halaman atau Profil Anda di Facebook