Di Wisata Pasir Tanjung, Komunitas Pencinta Alam Ritual Sedekah Bumi Keselamatan 

Di Wisata Pasir Tanjung, Komunitas Pencinta Alam Ritual Sedekah Bumi Keselamatan, Sabtu (27/8/22). 
Di Wisata Pasir Tanjung, Komunitas Pencinta Alam Ritual Sedekah Bumi Keselamatan, Sabtu (27/8/22).

LEBAK, HITAMPUTIH.CO.ID – Sebagai bentuk rasa tanggung jawab akan kelestarian bumi dan tempat wisata alam di Kawasan Desa Pasir Tanjung Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak, pada Sabtu (27/8/22) Generasi Komunitas pecinta alam mengadakan ritual sedekah bumi/keselamatan.

“Kami dari komunitas peduli lingkungan alam Wisata Ciberang yang berada di wilayah Desa Pasir Tanjung Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengadakan tradisi ritual keselamatan atau ruatan,” kata Aryo Megantoro.

Kegiatan ini, ujar Aryo, merupakan sebuah tradisi sedekah alam yang mana dimaksudkan untuk meminta keselamatan dan kesejahteraan dari Alloh SWT untuk masyarakat Pasir Tanjung umumnya masyarakat luas.

“Karangtaruna dan pemerintahan Desa Pasir Tanjung turut mendukung adanya kegiatan seperti ini. Di satu sisi, ini adalah kegiatan semacam adat/tradisi untuk kedepannya wisata Ciberang ini diberikan kelancaran, keselamatan dan kenyamanan oleh alloh SWT,” tuturnya.

BACA JUGA :  Kanwil Kemenag Bersama Ansor Banten Bantu Ponpes Terdampak Banjir di Kota Serang

Abah Amir, salah satu Tokoh Masyarakat Desa Pasir Tanjung mengatakan dalam bahasa sunda, “ieu sesepuh urang sadayana sakeuluargi jadi urang kudu inget, kusabab ngajagi peuting jeung beurang jeung ulah hahalaeun dina lahir jeung bathin” (ini kesepuhan kita semuanya sekeluarga, jadi kita harus ingat, lantaran menjaga malam dan siang dan jangan sembarangan dalam lahir dan bathin).

“Tradisi ieu ti baheula sampe kuwari, jadi ulah sampe ditinggalkeun, urang nyuhunken karidhoan nu maha kuasa, (Tradisi ini sejak jaman dulu sampai sekarang, jadi jangan sampai ditinggalkan, kita meminta keridhoan yang maha kuasa),” jelas Abah Amir.

“Dengan ritual ini, diharapkan masyarakat Desa Pasir Tanjung dan masyarakat luas dapat menjaga kelestarian alam dan sopan dalam berwisata demi mewujudkan kesadaran,” tutup Aryo menambahkan.