Dikenal Dikancah Global, Kriya Tenun Baduy Jadi Unggulan Berbasis Tradisi

Rakernas Dekranas Tahun 2023 di Auditorium Sekretariat Wakil Presiden, Kebon Sirih Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).

HITAMPUTIH.CO.ID – Ketua umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Banten Tine Al Muktabar hadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2023 di Auditorium Sekretariat Wakil Presiden, Kebon Sirih Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).

Tine mengatakan, Kriya Tenun Baduy sudah dikenal dikancah global. Pihaknya, akan menjadikan Kriya Tenun Baduy sebagai unggulan yang berbasis tradisi dengan desain atau inovasi produk yang modern.

Dikatakannya, Rakernas mengamanatkan, melakukan kurasi pada para pengrajin sampai memfasilitasi pemasaran produk. Pemasaran tersebut bisa dilakukan dengan pameran dan utamanya mendorong ke arah digitalisasi.

Di Provinsi Banten lanjut Tine, pihaknya terus berupaya meningkatkan inovasi produk yang berdaya saing di pasar global diantaranya kriya tenun baduy. Ini salah satu icon Provinsi Banten.

BACA JUGA :  Banten Jadi Lima Besar Penyumbang Kasus Baru COVID-19 Terbanyak per 12 Juli 2021

“Jadi kita fokus mengembangkan produk Tenun Baduy. Tidak hanya fashion tapi juga bisa dikombinasikan dengan produk-produk lainnya sehingga menghasilkan kriya unggul,” ungkap Tine

“Selain itu, kita terus berupaya meningkatkan wirausaha baru dengan memfasilitasi dan mendukung komunitas-komunitas pengrajin yang ada di Provinsi Banten,” imbuhnya.

Rakernas Dekranas 2023 ini dibuka Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin. Turut hadir Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian dengan mengusung Tema Kriya Unggul Indonesia Maju

Dikatakan, agenda Rakernas ini dalam rangka mengevaluasi agenda kerja tahun 2023 serta menyusun program kerja Dekranas Daerah tahun 2024 yang di sinkronisasikan dengan Dekranas Tingkat Pusat.

Tine mengatakan, Dekranasda Provinsi Banten, segera menjalankan amanat Rakernas ini dengan melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Provinsi Banten bersama Dekranasda Kabupaten dan Kota se- Provinsi Banten. Fokus utama Rakerda, melakukan kurasi pada aspek proses bisnis, desain, inovasi produk, hingga kurasi aspek pemasaran.

BACA JUGA :  Reskrim Polsek Kopo Bekuk Dua Spesialis Pelaku Curanmor¬†

Selain itu, amanat Rakernas tersebut, juga Dekranasda melakukan eksibisi atau pameran-pameran baik itu pada tatanan lokal, nasional hingga internasional.

“Serta tidak lupa mengedepankan proses digitalisasi,” pungkas Tine.

Di lokasi yang sama Ketua Harian Dekranasda Provinsi Banten Babar Suharso, mengungkapkan, dalam menindaklanjuti hasil dari Rakernas Dekranas 2023 tersebut dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) bersama Dekranasda Kabupaten dan Kota Se-Provinsi Banten. Tujuannya, sinkronisasikan Program Dekranas dengan Dekranasda Provinsi Banten serta Dekranasda Kabupaten/Kota. Selain itu, memperkuat binaan-binaan melalui program kerja Dekranasda Provinsi Banten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *