Dugaan Adanya Penolakan Pasien di Puskesmas Curug, Ini Penjelasan Kapus

Puskesmas Curug Kecamatan Curug Kota Serang, Banten.

SERANG. HITAM PUTIH – Di duga adanya penolakan pasien yang dilakukan bidan jaga Puskesmas Curug, pada Senin sore 29 April 2024 di bantah oleh Kepala Puskesmas (Kapus) Curug, Lucita Nengsih.

“Kejadian penolakan pasien yang beredar berita di salah satu media online yang dilakukan bidan jaga Puskesmas Curug Kecamatan Curug Kota Serang tidak benar adanya, itu hanya mis komunikasi atau kesalahpahaman antara bidan jaga dan pasien,” jelas Lucita Nengsih, saat ditemui hitamputih.co.id di ruang kerjanya, Kamis (02/05/2024).

Menurutnya, itu hanya kesalahpahaman antara bidan yang jaga pada waktu itu dengan pasien nya.

Lucita mengatakan, kesalahan yang dilakukan merupakan sebuah acuan agar ke depan lebih baik untuk memberikan pelayanan kepada warga. Karena, menurutnya sebuah komunikasi antar puskesmas dan warga sangat diperlukan agar apa yang perlu dilakukan saling paham.

“Sebab kami (Puskesmas Curug-red) mempunyai prosedur yang harus dijalankan, baik dalam segi pelayanan atau pun lainnya, dan kami juga manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan,” ujarnya.

Dijelaskan Lucita lagi, mengenai kejadian kemarin, puskesmas tidak menolak pasien tersebut, karena yang di alami pasien yang hamil 3 bulan itu adalah pendarahan (abortus) yang secara otomatis harus di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.

“Karena adanya masalah di janin nya, sebenarnya pihak kami sudah memeriksa, bahkan setelah di periksa kami menawarkan rujukan mau ke rumah sakit mana? tapi itu tadi karena adanya mis komunikasi seolah olah pihak kami menolak untuk melayani pasien tersebut,” terangnya.

Padahal, imbuh Lucita, pihaknya sudah memberikan arahan dan komunikasi yang terbaik, apa yang harus dilakukan.

“Saya sebagai kepala puskesmas, mewakili seluruh pegawai meminta maaf apabila dalam pelayanan belum memberikan yang terbaik,” ungkapnya.

“Semoga kejadian ini bisa menjadikan kami (Puskesmas Curug) lebih baik, kami juga bukan anti di kritisi, karena saran dan masukan sangat diperlukan untuk menjadikan Puskesmas Curug maju dalam segala hal, terutama pelayanan kepada masyarakat,” harap Lucita menambahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *