Hadiri Golok Day Reborn, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Mendorong Budaya Banten Mendunia

Hadiri Golok Day Reborn, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Mendorong Budaya Banten Mendunia
Hadiri Golok Day Reborn, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Mendorong Budaya Banten Mendunia

HITAMPUTIH.CO.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Banten mendukung event-event budaya Banten. Salah satunya Golok Day Kota Cilegon yang telah meraih rekor MURI.

“Setelah sempat vakum karena pandemi Covid-19 kini digelar lagi. Kita berharap ke depan, pandemi Covid-19 yang semakin terkendali, Golok Day menjadi event tahunan,” ungkap Al Muktabar kepada wartawan usai menghadiri Golok Day Reborn di Stadion Krakatau Steel Jl. Kotasari No. 1 Komplek Krakatau Steel, Kota Cilegon, Sabtu (24/9/2022).

“Sebagai pengenalan wilayah Banten dalam hal ini Kota Cilegon kepada dunia Internasional,” tambahnya.

Dikatakan, seni budaya golok Banten mampu menarik bagi masyarakat dunia. Sehingga dengan dicanangkan Golok Day Kota Cilegon untuk dunia juga Banten untuk dunia.

BACA JUGA :  Data Update BPBD, 225 Desa di Provinsi Banten Terdampak Gempa

“Kita bersama, kita gerakkan di sini. Para tokoh kasepuhan, guru besar perguruan silat hadir di sini. Itu adalah kebersamaan kita,” ungkapnya.

“Bersama kita membangun Provinsi Banten yang tentu semakin maju. Kalau Banten makin maju, tentu Indonesia makin maju,” tambah Al Muktabar.

Dalam kesempatan itu Al Muktabar mengapresiasi perguruan-perguruan silat, Kota Cilegon, serta PT Krakatau Steel atas terselenggaranya Golok Day. Menjadi wadah pemersatu untuk pembangunan Provinsi Banten dan Indonesia pada umumnya.

“Kita bersama dan bersatu untuk membangun Provinsi Banten dan Indonesia,” pungkasnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Rusmaji Jahuri mengungkapkan, Golok Day untuk mempererat tali silaturahmi antar perguruan silat di Provinsi Banten.

BACA JUGA :  Pemprov Banten Dukung Pemerintah Wujudkan Indonesia Layak Anak 2030 dan Indonesia Emas 2045

Golok Day Reborn diawali dengan pawai yang diikuti berbagai Perguruan Pencak Silat di Kota Cilegon dan sekitarnya. Iring-iringan pawai diberangkatkan dari Hotel Mangku Putra Jl. Akses Tol Cilegon Timur No. 21 menuju Stadion Krakatau Steel melewati jalan protokol Kota Cilegon.

Acara diisi dengan Atraksi Pencak Silat dan Debus Kolosal yang diiringi oleh 200 tim gendang, atraksi berkuda, serta pengukuhan pengurus IPSI Kota Cilegon.

Golok Day merupakan peristiwa tahunan yang digelar sejak tahun 2014 hingga 2019. Peristiwa budaya Banten ini sempat tidak digelar selama pandemi Covid-19. Golok Day kembali digelar pada Tahun 2022.

Turut hadir: Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, Walikota Cilegon Helldy Agustian, Walikota Serang Syafrudin, Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta, serta Forkopimda Kota Cilegon.