Kecurigaan Kecurangan Tender di BP2JK Banten Memicu Aksi Unjuk Rasa oleh LSM

Kecurigaan Kecurangan Tender di BP2JK Banten Memicu Aksi Unjuk Rasa oleh LSM

SERANG, HITAM PUTIHForum Lembaga Bersatu, yang terdiri dari LSM P2LPBLSM GEMBOK, dan LSM BENTAR, menggelar aksi unjuk rasa yang tegas di depan kantor Pokja BP2JK, Serang, Banten, pada hari Kamis, 16 Mei 2024.

Agus Timorriko, salah satu koordinator aksi, menyerahkan press release yang mengungkapkan kecurigaan terhadap proses tender yang sedang berlangsung di BP2JK Wilayah Banten. Menurut laporan, terdapat dugaan persekongkolan antara oknum pegawai BP2JK dengan kontraktor tertentu untuk memanipulasi hasil tender kegiatan Relokasi Fasilitas Umum pada Daerah Genangan Bendungan Karian.

Dalam press release tersebut, disebutkan bahwa pada tahun 2022 dan 2023, Kementerian PUPR telah mengalokasikan anggaran untuk proyek tersebut dan pada tahun 2024 ini, anggaran tersebut kembali dialokasikan. Namun, proses tender yang sedang berlangsung diduga penuh dengan kejanggalan.

Berdasarkan informasi dan investigasi yang dilakukan oleh forum tersebut, terdapat indikasi kebocoran data klarifikasi personil yang seharusnya dirahasiakan, namun malah bocor ke salah satu penyedia. Hal ini menimbulkan pertanyaan serius mengenai integritas proses tender tersebut.

Sebagai respons, Forum Lembaga Bersatu menuntut pertanggungjawaban dari Kepala BP2JK Wilayah Banten dan mendesak agar beliau mundur dari jabatannya untuk menjaga kepercayaan publik dan integritas lembaga.

Upaya mendapatkan konfirmasi dari pihak BP2JK dan Kementerian PUPR masih terus dilakukan oleh wartawan untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam kasus ini. (*/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *