Kisah Nabi Shaleh AS Singkat, dan Datangnya Azab Kaum Tsamud

Kisah Nabi Shaleh AS Singkat
Kisah Nabi Shaleh AS Singkat

HITAM PUTIH – Nabi Shaleh merupakan keturunan keenam dari Nabi Nuh. Nabi Shaleh lahir sebagai salah satu dari Kaum Tsamud yang masih keturunan dari Kaum Aad. Tak berbeda dari Kaum Aad, Kaum Tsamud juga menyembah berhala.

Satu mukjizat yang selalu diingat dari Nabi Shaleh adalah, ia bisa mengeluarkan sepuluh ekor unta betina dari dalam batu besar yang ia pukul menggunakan tangan kosong.

Nabi Saleh ‘alaihi salam (AS) diutus oleh Allah SWT untuk mengajak Kaum Tsamud beriman kepada Allah. Ulama tafsir mengatakan bahwa nasab kaum Tsamud ialah Tsamud ibnu Asir ibnu Iram ibnu Sam ibnu Nuh.

Dia adalah saudara lelaki Jadis ibnu Asir, demikian pula kabilah Tasm. Mereka semuanya adalah kabilah-kabilah dari kalangan bangsa Arabul Aribah sebelum Nabi Ibrahim as.

Kaum Samud ada sesudah kaum Ad, tempat tinggal mereka terkenal, yaitu terletak di antara Hijaz dan negeri Syam serta Wadil Qura dan daerah sekitarnya.

Rasulullah SAW pernah melalui bekas tempat tinggal mereka ketika dalam perjalanannya menuju medan Tabuk, yaitu pada tahun sembilan Hijriah. Dalam Alqur’an, Nabi Saleh disebut sebanyak sembilan kali.

Kisah Nabi Saleh AS ini salah satunya termaktub dalam Surat Hud ayat 61-68.

وَاِلٰى ثَمُوْدَ اَخَاهُمْ صٰلِحًا ۘ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗ ۗهُوَ اَنْشَاَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيْهَا فَاسْتَغْفِرُوْهُ ثُمَّ تُوْبُوْٓا اِلَيْهِ ۗاِنَّ رَبِّيْ قَرِيْبٌ مُّجِيْبٌ

Artinya: “Dan kepada Samud (Kami utus) saudara mereka. Saleh. Saleh berkata,

“Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagi kalian Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kalian dari bumi (tanah) dan menjadikan kalian pemakmurnya. Karena itu, mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya.

BACA JUGA :  Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh dari Dalil, Hukum serta Rukun

Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya).” (QS. Surat Hud: 61)

Kaum Tsamud menyembah berhala

Mufasir Ibnu Katsir menerangkan, Kaum Tsamud adalah orang-orang yang bertempat tinggal di kota-kota Hajar yang terletak di antara Tabuk dan Madinah. Mereka hidup sesudah kaum Ad, lalu Allah mengutus seorang rasul kepada mereka yang juga dari kalangan mereka.

Lalu Nabi Saleh datang dan memerintahkan kaumnya agar menyembah Allah SWT. Karena itu,

Saleh AS berkata kepada mereka:

“Dia (Allah) telah menciptakan kalian dari tanah. (Hud: 6,1).

Nabi Saleh melanjutkan “Karena itu, mohonlah ampunan-Nya atas dosa-dosa kalian yang telah lalu”.

Namun ajakan Nabi Saleh itu dicibir kaumnya.

Mereka berkata, “Hai Saleh, sesungguhnya kamu sebelum ini adalah seorang di antara kami yang kami harapkan, apakah kamu melarang kami untuk menyembah apa yang disembah oleh bapak-bapak kami?

Dan sesungguhnya kami betul-betul dalam keraguan yang menggelisahkan terhadap agama yang kamu serukan kepada kami.

” Nabi Saleh berkata, “Hai kaumku, bagaimana pikiran kalian jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku dan diberi-Nya aku rahmat dari-Nya, maka siapakah yang akan menolong aku dari (azab) Allah jika aku mendurhakai-Nya.

Sebab itu, kalian tidak menambah apa pun kepadaku selain dari kerugian.” Allah SWT menceritakan pembicaraan antara Nabi Saleh AS dan kaumnya, serta keadaan kaumnya yang bodoh lagi pengingkar karena mereka mengatakan:

BACA JUGA :  Kisah Bilal bin Rabah yang Bikin Menangis Orang Se-Madinah

“Sesungguhnya kamu sebelum ini adalah seorang di antara kami yang kami harapkan. Apakah kamu melarang kami untuk menyembah apa yang disembah oleh bapak-bapak kami? (Hud: 62).

Saleh berkata, “Hai kaumku, bagaimana pikiran kalian jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku.

(Hud: 63) Maksudnya, bukti yang meyakinkan dan tanda yang pasti yang membenarkan apa yang aku sampaikan kepada kalian ini.

Mukjizat Nabi Saleh AS dapat mengeluarkan unta betina dari

Nabi Saleh berkata lagi “Hai kaumku, inilah unta betina dari Allah, sebagai mukjizat (yang menunjukkan kebenaran) untuk kalian.

Sebab itu, biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kalian mengganggunya dengan gangguan apa pun yang akan menyebabkan kalian ditimpa azab yang dekat.

Buatlah Ringkasan Kisah Nabi Shaleh AS, kisah nabi saleh singkat brainly

Nabi Saleh adalah nabi ke berapa?

Nabi Shaleh AS. Jika dilihat dari silsilah, Nabi Shaleh merupakan keturunan keenam dari Nabi Nuh. Nabi Shaleh lahir sebagai salah satu dari Kaum Tsamud yang masih keturunan dari Kaum Aad.

Mukjizat apakah yang diberikan Allah kepada Nabi Saleh?

Mukjizat Nabi Saleh ‘alaihisalam yakni dapat mengeluarkan unta betina dari dalam batu besar atas izin Allah SWT. Mukjizat tersebut sekaligus sebagai hujjah atau bukti kenabian Nabi Saleh alaihi salam yang diutus kepada kaum Tsamud yang menyembah berhala.

Azab apa yang diturunkan Allah kepada kaum Tsamud yang tidak beriman?

Hari ketiga wajah mereka menjadi hitam dan akhirnya mereka disambar petir. Setelah mengatakan azab Allah kepada kaum Tsamud, Nabi Saleh dan pengikutnya yang beriman meninggalkan mereka. … Pada hari keempat, Allah menurunkan azab-Nya yang pedih, yakni sambaran petir.

BACA JUGA :  Kisah Nabi Yakub dan Mukjizat Nabi Yakub

Apa nasehat Nabi Shaleh kepada kaumnya?

nabi Saleh mengajak kaum tasmud untuk bertakwa kejalan Allah karena kaum Gaya hidup kaum Tsamud selalu dihiasi dengan kemaksiatan, yaitu berfoya-foya, mabuk-mabukkan, berzina dan melakukan tindak kejahatan. Nabi Saleh berkata: Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia.

Apa keajaiban unta Nabi Saleh?

Sebagaimana diterangkan dalam surah Hud ayat 64 “Hai kaumku, inilah unta betina dari Allah sebagai mukjizat (yang menunjukkan) kebenaran untukmu, sebab itu biarlah ia makan di bumi Allah dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun yang akan menyebabkan kamu ditimpa azab yang dekat.”

Mengapa kaum Tsamud di azab?

Nabi Saleh AS diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan ajaran kepada kaum Tsamud yang berada di Al Hijr. Kaum Tsamud memiliki banyak keahlian seperti terampil bercocok tanam, berternak dan arsitektur

Siapakah nama lengkap Nabi Saleh?

Shaleh (bahasa Arab: صالح, translit. Shāliḥ‎) adalah seorang tokoh dalam Al-Qur’an, yakni seorang rasul yang diutus pada kaum Tsamūd. Shaleh dikaruniai mukjizat berupa unta betina yang keluar dari batu sebagai bekal dalam berdakwah.

Apa keteladanan Nabi Saleh?

Perilaku yang dapat diteladani dari Nabi Saleh a.s. adalah berani dalam menyampaikan kebenaran kepada Kaum S|amūd yang suka berbuat kejahatan dan zalim.