Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak Resmikan Brigif Mekanis Raider 14/Mandala Yudha di Lebak

Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak Resmikan Brigif Mekanis Raider 14/Mandala Yudha di Lebak
Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak Resmikan Brigif Mekanis Raider 14/Mandala Yudha di Lebak

HITAMPUTIH.CO.ID LEBAK – Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak meresmikan Brigade Infanteri Mekanis Raider 14/Mandala Yudha (atau Brigif Mekanis Raider 14/Mandala Yudha) yang berlokasi di Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak sekaligus melaksanakan ritual pembaretan kepada seluruh personil pada Kamis (1/12/2022).

Turut hadir, Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna, beserta jajaran, Dandim 0603/Lebak Letkol Arh Erick Novianto beserta jajaran, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Kajari Lebak, Sulvia Triana Hapsari, Kepala BPN Lebak Agus, Kepala Dinas Perkim Maman SP, Kepala Dinas DPMD Babay berikut tokoh masyarakat provinsi Banten Mulyadi Jayabaya dan para elemen yang ada di Provinsi Banten.

Dalam kesempatannya Jenderal Bintang Tiga tersebut memaparkan bahwa Bataliyon Brigade Infanteri Mekanis Rider 14/ Mandala Yudha ini merupakan satuan tempur yang diproyeksikan sebagai embrio dari Brigade Mekanis, dengan komposisi satuan tempur Infanteri mekanis, yang bersenjatakan Panser Pandur.

BACA JUGA :  Memantapkan Kepengurusan, DPW Partai Berkarya Rapat Pleno

“Dengan diresmikannya Brigif Mekanis 14/ Mandala Yudha 318 Adhirajasa Yudha dan Yonif 320 Kostrad menjadi Brigade Infanteri Mekanis Raider 14/Mandala Yudha diharapkan bisa bermanfaat di wilayahnya khususnya untuk Indonesia,” ucap Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Selanjutnya, Jenderal Bintang Tiga tersebut menambahkan Batalyon Brigade Infanteri Mekanis Rider 14 Mandala Yudha ini juga didukung oleh satuan Zeni, Peralatan dan Perhubungan dalam penyiapan operasional batalyon tersebut Keberadaannya akan merealisasi konsep “Modular Brigade”.

“Yang diharapkan ke depan menjadi satuan setingkat Brigade yang lengkap, kuat, dan efektif serta memiliki Efek Penggentar (“Deterrence Effect”) terhadap ancaman kekuatan lawan. Jaya selalu Kostrad,” tandasnya.

Sementara itu Komandan Brigade Infanteri Mekanis Rider 14/Mandala Yudha Kolonel Inf Syafruddin mengucapkan terimakasih kepada Pangkostrad yang telah meresmikan Brigade Infanteri Mekanis Rider 14/Mandala Yudha. Keberadaan Brigif Mekanis Mandala Yudha ini merupakan jawaban dari pembentukan satuan siap gerak TNI, dalam menghadapi penugasan yang bersifat urgen dan dapat dikerahkan dalam waktu singkat meliputi proyeksi tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), baik dalam skala Nasional maupun Internasional.

BACA JUGA :  Sepulang Belanja Obat Hexymer dan Tramadol dari Jakarta, Pemuda di Lebak Ditangkap Polisi 

“Dengan ini kami jajaran Kostrad Brigade Infanteri Mekanis Rider 14/Mandala Yudha menjunjung tinggi nilai-nilai Sapta marga TNI dan menjaga kesatuan Republik Indonesia dari hal dan ancaman apapun yang akan merusak keutuhan bangsa,” tegasnya.

Disisi lain Danrem 064/MY Maulana Yusuf mengucapkan selamat atas peresmian dan alih kodal Brigif Mekanis Raider 14/Mandala Yudha Yonif Mekanis 318, Yonif 320 dan sangat mendukung dengan terbentuknya Brigade Infanteri Mekanis Raider 14/ Mandala Yudha. Menurutnya ini suatu yang sangat luar biasa dengan penambahan satuan tempur Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi lebih kuat.

“Selamat dan sukses untuk Brigif Mekanis Raider 14/Mandala Yudha, Jaya selalu TNI di tanah Ibu Pertiwi,” ungkapnya.