Pj Gubernur Banten Al Muktabar Dampingi Wamentan dan Pangdam III Siliwangi Panen Raya Jagung

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Dampingi Wamentan dan Pangdam III Siliwangi Panen Raya Jagung
Pj Gubernur Banten Al Muktabar Dampingi Wamentan dan Pangdam III Siliwangi Panen Raya Jagung

SERANG, HITAMPUTIH.CO.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mendampingi Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia Harvick Hasnul Qolbi dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo melakukan Panen Raya Jagung di Kelurahan Curug Manis, Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (3/8/2022). Wujud sinergi dan kolaborasi Pemerintah, TNI/Polri, dan masyarakat dalam Gerakan Bersatu Untuk Ketahanan Pangan.

“Pemerintah sangat peduli akan ketahanan pangan,” ungkap Wamentan Harvick Hasnul Qolbi saat memberikan sambutan.

“Tidak akan mungkin ada ketahanan nasional tanpa adanya ketahanan pangan. Apalagi kedaulatan pangan, ancaman kita ke depan,” tambahnya.

Dikatakan, Pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat dalam ketahanan pangan. Presiden Joko Widodo berpesan agar masyarakat memberikan sumbangsih dalam ketahanan pangan.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Good Governance dan Clean Governance Dasar Reformasi Birokrasi

Masih menurut Wamentan Harvick, jagung menjadi idola karena begitu mudah.

“Hamanya tidak banyak, tanamnnya tidak sulit serta memproduksinya tidak sulit. Tinggal offtaker (penjamin pembelian atau penyalur, red), ini tinggal dilakukan sinergitas,” ungkapnya.

Dikatakan, pada tahun 2021 terjadi pertambahan petani muda. Kementerian Pertanian berharap bahwa bertambahnya petani muda karena keinginan para pemuda. Bukan karena pergeseran karena tertutupnya lapangan kerja, namun karena adanya kepercayaan di pertanian.

“Sumberdaya alam kita sangat banyak. Kekurangan pupuk, lahan kritis, kekurangan lahan bisa diatasi semua, karena kita ada semua,” ungkap Wamentan Harvick.

“Pertumbuhan petani muda sangat penting sebagai penerus pertanian,” tambahnya.

Dijelaskan pada tahun 2021 terjadi penambahan petani muda sebanyak 3 juta petani muda. Pemerintah menjaga trust (kepercayaan, red) dan harga komoditas pertanian kepada para petani muda. Sumbangan sektor pertanian terhadap Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) mencapai 16,4 persen.

BACA JUGA :  DPRD Provinsi Banten Minta Gubernur Pikirkan Nasib Pedagang di Situ Cipondoh

Dalam kesempatan itu Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengungkapkan, Kodam III Siliwangi telah membuka dan memperbaiki lahan untuk mendukung program penanaman jagung Kementerian Pertanian RI.

“Yang kita utamakan adalah pembukaan dan penataan lahan yang sudah rusak,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan dan penghargaan kepada Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) dan Pondok Pesantren untuk budidaya jagung. Juga penghargaan kepada mitra ketahanan pangan industri.

Selanjutnya Pj Gubernur Banten Al Muktabar bersama Wamentan Harvick Hasnul Qolbi, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Wali Kota Serang Syafrudin melakukan panen raya jagung. Dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran produk olahan jagung dari UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) serta penanaman jagung.