Rakor Mitigasi Penanggulangan Bencana, Bupati Lebak Himbau Masyarakat Jaga Lingkungan

HITAM PUTIH, LEBAK – Pemerintah Kabupaten Lebak mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Mitigasi Penanggulangan Bencana Tahun 2021, yang dipimpin langsung oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, di Aula Multatuli Setda Lebak, Jum’at (12/11/2021).

Dalam rakor Bupati menyampaikan dengan meningkatnya curah hujan berdasarkan prakiraan cuaca yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada akhir tahun ini, Kabupaten Lebak adalah salah satu wilayah Kabupaten dengan tingkat resiko bencana yang cukup tinggi, maka diperlukannya edukasi secara terus-menerus kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Bahwa penanggulangan bencana harus melibatkan seluruh stakeholder dengan terus berkoordinasi dengan cepat dan tepat,” kata Bupati menegaskan.

Dijelaskannya, antisipasi bencana dilakukan bukan hanya dititik rawannya saja tapi juga di daerah sekitar titik rawan bencana.

BACA JUGA :  Konsultasi Publik RKPD, Bupati Lebak Tekankan 4 Prioritas Pembangunan 

“Untuk antisipasi banjir perkotaan, diinstruksikan kepada Dinas PUPR dan Dinas LH agar melakukan pembersihan sumbatan-sumbatan aliran air serta mengefektifkan kembali program Jum’at bersih,” imbau Bupati.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) Kodim 0603/Lebak Letnan Kolonel Inf. Nur Wahyudi mengatakan diperlukannya kegiatan penanganan bencana di masyarakat agar masyarakat lebih siap ketika terjadi bencana dan lebih memudahkan dalam penanganan.

“Dalam mengantisipasi terjadinya bencana perlu dilakukan beberapa hal, diantaranya adalah tersedianya informasi, memetakan kerawanan bencana, sosialisasi kepada masyarakat/peringatan dini kepada masyarakat,” terangnya.

Selain itu, menurut Bidang Observasi dan Informasi, Stasiun Klimatologi Tangsel Yanuar Henry, Iklim akhir tahun di Indonesia termasuk Kabupaten Lebak dipengaruhi oleh La Nina, sehingga potensi terjadinya hujan pun tinggi, maka kewaspadaan perlu ditingkatkan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi (bencana yang dampaknya dipicu oleh kondisi cuaca dan iklim dengan berbagai parameternya).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *