Sebagai Kader Bangsa, Gerakan Pramuka Banten Wadah Pendidikan Karakter Generasi Muda 

Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti pada Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tahun tingkat Provinsi Banten di Alun-alun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu (19/8/2023).

HITAMPUTIH.CO.ID – Gerakan Pramuka Provinsi Banten merupakan salah satu wadah pendidikan karakter bagi generasi muda sebagai kader bangsa. Gerakan Pramuka dapat berperan dalam mendidik generasi muda.

Demikian dikatakan Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten Virgojanti usai Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tahun tingkat Provinsi Banten di Alun-alun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu (19/8/2023).

“Pramuka telah mencapai usia ke-62 di tahun 2023 dan itu bukan waktu yang pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, Virgojanti menyampaikan melalui kegiatan kepramukaan dapat mewujudkan tujuan dari pendidikan karakter dalam pembentukan kecerdasan intelektual, emosional dan spritual guna menyongsong genersi emas 2045.

“Mari kita bersatu mendukung kegiatan Pramuka agar tujuan untuk membina karakter bangsa khususnya dalam membentuk dan menyiapkan generasi muda yang berakhlak, berkarakter, berbudi pekerti luhur, berkompetensi serta cinta tanah air dan bangsa dapat terwujud,” katanya.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Al Muktabar Ajak Generasi Muda Gemar Berwirausaha serta Akrab Teknologi Digital

Pada kesempatan tersebut, Virgojanti berharap kepada anggota Pramuka untuk menanamkan semangat optimisme dalam kepramukaan. Itu menjadi penting, lantaran optimisme akan mengantarkan adik-adik Pramuka untuk meraih prestasi.

“Saya tekankan agar terus mengembangkan potensi melalui segenap kreativitas dan inovasi. Serta memanfaatkan sumber daya yang ada menjadi suatu produk bernilai manfaat, baik secara sosial maupun ekonomi,” jelasnya.

“Perkembangan global dan teknologi informasi harus dihadapi dengan tetap mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal, nasionalisme dan patriotisme,” sambungnya.

Dikatakan, pembinaan karakter dan penanaman jiwa nasionalisme terhadap generasi muda sangatlah penting dilakukan. Hal itu bertujuan untuk mempersiapkan Indonesia Emas 2045.

‘Kita berharap generasi kita ketika Indonesia 100 tahun nanti adalah merupakan generasi yang maju dan unggul,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Hadiri Haflah Ikhtitam Ponpes Nurul Mursyidah, Bupati Irna Tekankan Pentingnya Pendidikan Akhlak Bagi Generasi Muda 

Sementara, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Banten Septo Kalnadi menyampaikan dalam rangka peringatan Hari Pramuka Ke-62 ini terdapat serangkaian kegiatan, mulai dari latihan Pramuka peduli dengan pelatihan dapur umum dan kegiatan lainnya.

“Bulan Agustus ini bulan Pramuka, jadi kegiatan dilakukan di bulan ini, mulai dari

latihan Pramuka peduli yaitu kegiatan latihan dapur umum, transplantasi karang di Pantai Carita dan Labuan, dan pada saat ini diselenggarakan pesta siaga,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kata Septo, pada bulan Agustus ini pihaknya juga akan menetapkan Pramuka Garuda di Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten.

“Penetapan Pramuka Garuda puncak wujud pembinaan yang kita lakukan,” tandasnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten Ahmad Syaukani dan tamu undangan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *