Strategi Bisnis Startup Supaya Sukses

Strategi Bisnis Startup Supaya Sukses

HITAM PUTIH, BISNIS – Apa yang dimaksud dengan startup? Di Indonesia, potensi pengguna internet yang semakin meningkat dari tahun ke tahun menjadi suatu penunjang untuk mendirikan sebuah startup. Terlebih dengan kehadiran investor asing dan lokal, semakin memperbesar peluang kemunculan dan kesempatan perusahaan rintisan di Indonesia untuk berkembang.

Mengapa Bisnis Start Up memerlukan strategi pemasaran, Cara yang dapat dilakukan agar di awal perkembangan bisnis startup Anda agar tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya, adalah dengan menggunakanan strategi community marketing.

Bisnis startup merupakan pengertian untuk bisnis yang baru saja dibangun atau sedang dalam masa merintis. Untuk memperkenalkan bisnisnya, tentu startup membutuhkan pemasaran.

Namun pemasaran yang dilakukan untuk menggaet konsumen baru membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Community marketing merupakan sebuah metode pemasaran yang fokus untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara langsung maupun tidak langsung.

Di dalam community marketing, biasanya bisnis akan berinteraksi dengan komunitas yang berisikan individu dengan kegemaran yang sama.

Tujuan dilakukan interaksi ini adalah untuk mengidentifikasi komunitas yang secara alami tertarik dengan brand, filosofi, produk, atau layanan dari bisnis.

Bisnis startup biasanya hanya memiliki sumber daya yang terbatas dalam operasionalnya. Maka mempererat hubungan dengan komunitas akan menjadi cara yang cukup efektif untuk “merekrut” mereka sebagai tenaga pendukung pemasaran.

Berikan citra yang baik pada komunitas, dengan begitu mereka akan melakukan pemasaran dari mulut ke mulut serta umpan balik dengan sendirinya.

Tentu saja hal ini sangat berharga untuk perkembangan bisnis startup.

Mengenal Istilah Community Marketing

Strategi pemasaran yang saat ini sedang populer dijalankan oleh para perusahaan atau pebisnis adalah community marketing.

Saat ini sudah semakin banyak pebisnis yang menyadari bahwa komunitas merupakan faktor yang fundamen bagi perusahaan untuk menyampaikan pesan mereka secara efektif.

Banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan ketika menjalankan strategi community marketing.

Seperti bisa menyebarkan pesan perusahaan dengan lebih efektif dan memperluas cakupan penerimaan pesan, serta mempercepat penyampaian pesan kepada target pasar.

BACA JUGA :  Peletakan Batu Pertama, Pembangunan Pabrik PT Pachira Distrinusa di Citeras Dimulai, Ditarget Rampung September 2023

Community marketing merupakan sebuah taktik yang melibatkan merek atau bisnis untuk berinteraksi dengan sebuah komunitas yang berisikan individu yang memiliki kegemaran sama.

Saat ini, banyak interaksi dengan komunitas yang dilakukan pada lingkungan online.

Seperti grup media sosial, situs blog yang tertarget, atau online message board forum.

Membangun komunitas pada lingkungan online pada akhirnya memang memberikan pebisnis atau perusahaan koneksi penting kepada para pelanggan sehingga memiliki hubungan yang panjang dan solid.

Tetapi disisi lain, percakapan yang terjalin secara online terkadang mengundang risiko jika pelanggan akan kehilangan sentuhan personal dari bisnis atau perusahaan.

Tipe Community Marketing

Poin utama dari komunitas pemasaran adalah untuk mengidentifikasi komunitas yang secara alami tertarik dengan merek, filosofi, produk, atau layanan perusahaan.

Setelah itu, fokuskan usaha dan sumber daya untuk memelihara pertumbuhan komunitas tersebut.

Terdapat dua tipe komunitas pemasaran, yaitu:

  1. Komunitas pemasaran yang organik atau disebut earned marketing, tercipta tanpa bantuan dari merek. Komunitas ini akan bekerja untuk menghubungkan serta menguatkan relasi para anggota komunitas untuk menciptakan kesetiaan pelanggan.
  2. Perusahaan terlibat secara langsung dengan komunitas pemasaran sabagai sponsor. Perusahaan dapat mendukung untuk mempromosikan kesejahteraan komunitas tertentu dalam masyarakat. Yaitu dengan memberikan waktu atau uang. Aktivitas ini bisa menjadi bentuk tanggung jawab sosial suatu perusahaan.

Strategi Community Marketing

Bagi Anda yang tertarik untuk menerapkan strategi community marketing, berikut ini ada beberapa tips untuk memastikan bahwa Anda dapat menerapkannya dengan tepat.

  1. Menentukan target yang ingin dicapai dan menjelaskannya pada para pelanggan yang bergabung di komunitas.
  2. Memanfaatkan peran media sosial untuk berinteraksi dengan para pelanggan.
  3. Memantau respon dari anggota komunitas menggunakan media sosial.
  4. Memastikan bahwa merek Anda memiliki citra yang konsisten di berbagai platform.
  5. Membangun hubungan yang dekat dan terpercaya dengan para pelanggan.
  6. Memahami bagaimana cara melacak bisnis yang sedang dijalankan.
  7. Mengevaluasi apakah cara melakukan strategi community marketing sudah tepat.
  8. Membiarkan komunitas pemasar berjalan secara mandiri.
BACA JUGA :  Dengan Slogan Tulus Jujur dan Amanah, Komitmen PT Suda Miskin Serap Tenaga Kerja Pribumi 

Strategi community marketing hingga saat ini sudah semakin kreatif. Trennya kini sudah mengarah pada bentuk kemitraan yang dibarengi dengan program CSR, yang melibatkan suatu badan atau masyarakat setempat.

Seperti melakukan branding kampung atau desa. Untuk masyarakat sendiri, hal tersebut akan memberikan nilai tambah, sedangkan untuk merek dapat meningkatkan consumer engagement.

Bagaimana, Anda juga tertarik untuk menciptakan strategi community marketing untuk bisnis Anda?

Hal Penting dalam  Menjalankan Community Marketing

Hal-hal berikut perlu diperhatikan untuk menjalankan community marketing secara efektif:

Komunitas Adalah Partner

Komunitas memang akan menjadi pihak yang membeli produk Anda. Namun perlu diingat pula bahwa para anggota komunitas ini juga yang akan menjadi perpanjangan lidah bisnis untuk melakukan pemasaran.

Ketika berusaha untuk masuk ke dalam komunitas, sangat tidak disarankan melakukan hard selling.

Sebaiknya lakukan pendekatan yang lebih bersahabat. Yaitu dengan ikut bergabung dalam kegiatan mereka, berikan edukasi dan tingkatkan awareness terhadap bisnis Anda dengan layanan serta kualitas.

Jika anggota komunitas puas, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan menceritakan pengalamannya kepada orang-orang yang berada di luar komunitas.

Identifikasi dan Tentukan Rencana

Setelah bergabung, pastikan Anda mengikuti kegiatan yang ada dalam komunitas. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi kebiasaan komunitas itu sendiri maupun anggotanya.

Dari sini Anda dapat menentukan apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan. Serta menentukan rencana pendekatan Anda pada konsumen.

Apakah dengan berbagi pengalaman, edukasi, diskusi, menjadi sponsor, memberikan penawaran khusus dan lain sebagainya.

Lakukan secara Jangka Panjang

Ketika sudah memutuskan untuk memberikan dalam suatu bentuk, maka lakukan hal tersebut secara jangka panjang. Misalnya menjadi sponsor acara.

Bisnis Anda seharusnya bekerja sama dengan komunitas secara jangka panjang dan berkesinambungan, bukan hanya sekali atau dua kali saja.

Hal ini dilakukan untuk menciptakan brand loyalty di dalam komunitas, serta brand awareness pada siapa pun yang turut di dalamnya.

Maksimalkan Media Sosial

Startup harus tahu bagaimana memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pemasaran. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan media sosial.

BACA JUGA :  Jenis-Jenis Bisnis yang Perlu Menggunakan Data Center

Sebagian besar masyarakat saat ini aktivitasnya berada di media sosial. Bahkan ada juga komunitas yang hanya dijalankan secara online melalui media sosial.

Lakukan publikasi dan interaksi secara efektif dan efisien dengan bantuan media ini. Dengan begitu bisnis Anda dapat memberikan umpan balik dengan lebih cepat.

Selain itu, siapa tahu Anda bisa menjangkau lebih banyak komunitas untuk bergabung dengan brand Anda melalui media sosial.

Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Lakukan evaluasi secara rutin adalah penting untuk mengetahui apakah upaya community marketing Anda sudah efektif. Anda bisa melakukan evaluasi ini dengan tim sendiri ataupun melibatkan  komunitas tersebut.

Tidak ada salahnya meminta penilaian dari para anggota komunitas.

Selain karena seluruh rangkaian upaya yang Anda lakukan adalah untuk para anggota ini, mereka juga akan mempunyai kedekatan karena merasa dilibatkan.

Bersabar

Komunitas adalah sesuatu yang tumbuh secara alamiah karena menganut pemahaman yang sama mengenai suatu hal. Oleh karena itu mereka cenderung memiliki nilai dan budaya sendiri.

Ketika bisnis Anda melakukan community marketing, pastikan untuk selalu bersabar mengikuti alur kegiatan dan ideologi dari komunitas tersebut.

Kuncinya adalah tekun dan konsisten. Karena inti dari metode ini adalah membangun hubungan erat dan saling percaya. Sehingga mereka tidak menganggap Anda sebagai robot yang tidak hidup dan hanya berfokus pada penjualan.

Komunitas Bukan Milik Bisnis Selamanya

Pedoman ini harus dipegang agar bisnis Anda dapat mengembangkan hubungan dengan yang lain dan tidak hanya terpaku pada satu titik.

Karena pada hakikatnya bisnis dapat memasuki dunia mereka untuk penjualan, namun bisnis tidak dapat memasuki mereka sebagai komunitas secara mendalam.

Komunitas akan tumbuh dan berkembang dengan langkahnya sendiri dan bahkan memulai inisiatif secara organik.

Dengan memperhatikan hal-hal tadi dalam community marketing,  akan membuka jalur bagi bisnis startup untuk meningkatkan pemasaran.

Di atas adalah sekilas penjelasan tentang community marketing yang bisa Anda coba jalankan dalam bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *