Warga Keluhkan Pelayanan di Kantor UPT Disdukcapil Kecamatan Jawilan Buruk

Kantor UPT Disdukcapil Kecamatan Jawilan
Kantor UPT Disdukcapil Kecamatan Jawilan

HITAMPUTIH.CO.ID – Pelayanan di kantor Unit Pelaksana Tugas (UPT) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, buruk dan dikeluhkan masyarakat.

Demikian dikatakan Sumarna, salah seorang warga Kecamatan Jawilan, dalam keterangan tertulisnya diterima media hitamputih.co.id, Jum’at (23/9/2022).

Dirinya mengaku kecewa dengan pelayanan yang dilakukan oleh UPT Disdukcapil) Kecamatan Jawilan tersebut.

“Selain lambat menyelesaikan administrasi kependudukan, informasi yang diberikan terhadap masyarakat juga simpang siur,” ujar Sumarna.

Hal itu, jelas dia, membuat dirinya harus rela bulak-balik beberapa kali ke UPT Disdukcapil Kecamatan Jawilan untuk menyelesaikan berkas persyaratan.

“Sekitar seminggu yang lalu saya membuat akta kelahiran untuk anak dan keponakan, terus berkas persyaratan dinyatakan lengkap dan di kasih surat tanda terima. Namun, pas saya mau mengambil akta tersebut malah ada kekurangan berkas,” terang Sumarna.

BACA JUGA :  Di Wisuda UIN SMH Banten, Pj Gubernur Al Muktabar Sampaikan Orasi Ilmiah

Dikatakannya, dengan adanya Informasi tidak utuh dan pelayanan buruk di UPT Disdukcapil Kecamatan Jawilan menunjukan ketidak profesionalan dalam bekerja.

“Parahnya, petugas pelayanan saat ditanya kapan jadinya, malah dengan entengnya menjawab nanti datang lagi ke sini,” tutur Sumarna.

“Terus terang saya di buat repot oleh UPT Disdukcapil Kecamatan Jawilan, kenapa tidak bilang dari awal kalau berkas ada kekurangan,” sambungnya.

Dengan adanya kejadian yang dialaminya, Sumarna meminta kepada Disdukcapil Kabupaten Serang untuk mengevaluasi kinerja pegawai yang ada di UPT Kecamatan Jawilan.

“Kalau perlu lakukan audit menyeluruh terhadap berkas-berkas persyaratan pembuatan administrasi kependudukan. Jika ada pelanggaran sanksi saja pegawainya,” tukasnya.

Menanggapi keluhan warga tersebut, Fahmi salah satu aktivis Mahasiswa menuturkan, pihaknya mengaku sangat kecewa terkait pelayanan buruk Disdukcapil Jawilan, bekerja tidak sesuai apa yang diharapkan masyarakat.

BACA JUGA :  Ditresnarkoba Polda Banten dan Polres Jajaran berhasil Ungkap dua Kasus penyalahgunaan Narkoba selama 1X24 Jam

“Terkait Disdukcapil Jawilan seperti itu sesuai dengan pengalaman dan kita sangat kecewa bekerja tidak sesuai apa yang diharapkan masyarakat,” katanya.

Hingga berita ini diterbitkan media masih berupaya konfirmasi terhadap pihak UPT Disdukcapil Kecamatan Jawilan.